karya ilmiah

MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA
SMA NEGERI 1 LILIRIAJA







DI SUSUN OLEH

SOFYAN ASH SHIDDIEQ





SMA NEGERI 1 LILIRIAJA
KABUPATEN SOPPENG
OKTOBER 2011

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kami semua kekuatan serta kelancaran dalam menyelesaikan karya ilmiah yang kami beri judul “Kurangnya Minat Baca SMA Negeri 1 Liliriaja” dapat selesai sesuai waktu yang telah kami rencanakan.
Tersusunnya karya ilmiah ini tentunya tidak lepas dari peran serta berbagai pihak yang telah memberikan bantuan secara materil dan spiritual, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak Drs. A. Budiarman, dan ibu Rohani Amin selaku guru pembimbing KIR SMA Negeri 1 Liliriaja atas bimbingan dan segala kesempatan yang telah diberikan kepada penulis dalam penulisan karya tulis ilmiah ini.
2. Semua sahabat dan Teristimewa buat orang tua yang telah memberikan dorongan dan doa kepada penulis dan juga memberikan bantuan kepada penulis sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan.

Sudah tentu karya tulis ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan untuk itu penulis sangat memohon sumbangan saran dan kritik yang sifatnya konstruktif untuk kesempurnaan karya tulis kami yang selanjutnya. Semoga Allah swt. membalas amal baik kita semua. Amin Ya Rabbal Alamin.








Cangadi,2011

Penulis

DAFTAR ISI
Halaman Judul .................................................................................................... i
Halaman Pengesahan........................................................................................... ii
Kata Pengantar..................................................................................................... iii
Daftar Isi.............................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang................................................................................. 1
B. Masalah ........................................................................................... 1
C. Tujuan .............................................................................................. 2
D. Manfaat……………………………………………………………. 2
BAB II PEMBAHASAN
A.Pengertian……………………………………………..................... 4
B. Meningkatkan Minat Baca……………………….......................... 4
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan...................................................................................... 5
B. Saran-saran ....................................................................................... 5
Daftar Pustaka...................................................................................................... vi


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
SMA Negeri 1 Liliriaja salah satu sekolah terbaik di kab.soppeng. sekolah sebagai organisasi yang di dalamnya terdapat berbagai macam bentuk pembelajaran. Pembelajaran tersebut wajib untuk dilaksanakan demi terciptanya sebuah organisasi yang diharapkan.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis di SMA Negeri 1 Liliriaja, dapat dikatakan kurangnya minat baca siswa SMA Negeri 1 Liliriaja, kurangnya siswa masuk ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku.
dewasa ini bentuk pengaplikasisan dari model pembelajaran tidak begitu dimanfaatkan sebagai media untuk kecakapan dan keterampilan siswa. Model pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) adalah upaya untuk memandirikan siswa untuk belajar, bekerja sama agar siswa dapat membangun kemauan untuk membaca dalam meningkatkan pengetahuannya. Hal ini mengisyaratkan bahwa dalam proses belajar-mengajar perlu adanya minat baca siswa dan kerja sama.
Dalam bentuk pembelajaran, siswa diharapkan mampu memasuki kehidupan yang sebenarnya dengan mengetahui pembelajaran di sekolah guna memecahkan masalah kehidupan yang dihadapi.
Dengan meyakini bahwa minat baca merupakan suatu proses pembelajaran dalam kehidupan, kita dituntun berpikir secara kreatif dengan membaca kata-kata yang ada. Dengan demikian minat baca dapat mengembangkan potensi dasar siswa agar berani menghadapi berbagai tantangan global.
Dari uraian di atas, dijelaskan bahwa perlunya pendidikan dengan proses pembelajaran yang telah dirancang untuk membekali siswa untuk belajar. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul Kurangnya Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Liliriaja.

B. Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka timbul masalah yaitu, ‘’ bagaimana meningkatkan minat baca siswa SMA Negeri 1Liliriaja?’’


C. Tujuan
Penulis karya ilmiah ini pada dasarnya untuk meningkat minat baca siswa untuk mendukung pembelajaran pada SMA Negeri 1 Liliriaja.

D. Manfaat
1. Siswa diharapkan mampu mengaplikasikan pendidikan yang telah dibuat, bukan hanya berupa akademik tetapi meningkatkan kreativitas untuk beradaptasi di lingkungan melalui memperbanyak membaca.
2. Bagi tenaga pengajar, diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal yaitu melalui pemahaman terhadap karakteristik siswa khususnya dalam berbicara dengan baik dan benar.
3. Bagi penulis, yaitu sebagai pembelajaran untuk memperkarya ilmu pengetahuan, serta membiasakan diri memecahkan masalah secara ilmiah. Melalui karya ilmiah ini, penulis dapat menjadikan untuk melatih diri mengembangkan bakat menulis dan meneliti. Penulis merasa bangga karena dapat membuahkan karya yang bermanfaat.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Pada hakikatnya minat baca yang terjalin di sekolah adalah untuk menunjang program pendidikan dengan berbasis luas. Dalam meningkatkan minat baca harus ada dalam kesadaran siswa bahwa seringnya membaca dapat meningkatkan pendidikan dan menjadi orang yang di manfaatkan dalam masyarakat.

B. Meningkatkan Minat Baca
SMA Negeri 1 Liliriaja mempunyai banyak buku yang sebagai kebutuhan sekunder mulai diminati masyarakat. Namun siswa menganggap harga buku itu mahal. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka perpustakaan SMA Negeri 1 Liliriaja mempunyai banyak buku yang dapat dipinjam atau membaca di perpustakaan, hal ini sebagai solusi untuk meningkatkan minat baca siswa.
Perpustakaan menjadi tujuan meningkatkan minat baca siswa yang hendak membaca tetapi tidak mempunyai buku. Buku perpustakaan SMA Negeri 1 Liliriaja mempunyai koleksi buku terbaru seperti : buku olahraga, biologi, ekonomi, fiisika, kimia, dan lain-lain.
Guru-Guru juga harus berperan dalam hal ini karena dapat memberikan motivasi kepada siswa bahwa minat membaca itu sangat di perlukan di lingkungan. Sebaiknya, Guru memberikan tugas rumah agar siswa selalu belajar dan pastinya menambah pengetahuan dengan membaca. Dalam pembahasan guru menunjuk salah saersebut. BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa membaca itu sangat penting untuk meningkatkan pendidikan. Sehingga, semua bisa berjalan dengan lancer dan proses belajar-mengajar bisa lebih kompleks selain itu akan lebih berkualitas dengan seringnya membaca.
Siswa SMA 1 Liliriaja sebagai objek pengamatan untuk mengamati minat baca siswa. SMA 1 Liliriiaja yang diamati meningkatnya minat baca siswa terdapat pada kelas XI.IA.Andalan. Siswa XI.IA.Andalan banyak mengembangkan pendidikan dengan membaca dan kerjasama yang baik.
Model membaca yang sederhana akan membuka diri siswa pada kemungkinan mereka adalah orang kreatif dan mempunyai potensi yang mereka tidak sadari.
Model membaca mendukung pembelajaran yang berorientasi kretivitas siswa dalam mengungkapkan pendapat.

B. Saran-saran
Dalam pelaksanaan model membaca diharapkan agar guru dapat memperhatikan individualitas siswa dan member pelayanan khusus sehingga tidak ada siswa yang tertinggal pembelajaran. sebaliknya siswa harus menghormati guru dan mengikuti pelajaran dengan maksimal.
Saran untuk kita semua setelah dijelaskan semoga kita menyadari betapa penting membaca.

DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan dkk. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
Darmawan,Uti, Wendi Widya Ratna Dewi dan Budi
Artat. 2009. Bahasa Indonesia. Klaten: Intan
Pariwara.
Syamsuddin. 2005. Berbahasa Dan Sastra
Indonesia
.Solo: Tiga Serangkai.


by: http://sofyanida.blogspot.com