3

BAB II
PEMBAHASAN

II.1 DESKRIPSI

Nama Jabatan
:
Marketing Manager
Departemen
:
Sales & Marketing
Atasan langsung
:
Sales & Marketing Director
Bawahan langsung
:
Supervisor(s)

Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
II.1.1 Tugas Manajer Pemasaran
1.    Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran.
2.    Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi.
3.    Manajer pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan.
4.    Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran.
5.    Manajer pemasaran membuat laporan pemasaran kepada direksi
1.      Bertanggung jawab terhadap strategi pemasaran yang telah disusun
2.      Bertanggung jawab atas efisiensi dan efektivitas kerja di Departemen Marketing.
3.      Bertanggung jawab dalam membina hubungan baik dengan konsumen.
4.      Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas-tugasnya kepada Direktur Operasional.
5.      Bertanggung jawab atas konsistensi pelaksanaan prosedur yang berlaku di Bagian Marketing dan melakukan analisa atas efisiensi prosedur tersebut.
6.      Bertanggung jawab atas kedisiplinan kerja bawahan sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku.

II.1.3 Wewenang
Merencanakan dan mengkoordinasikan pengiriman barang atau dokumen dari pemasok dan atau gudang, termasuk menentukan ekspedisi dan rute, untuk memastikan pengiriman dilakukan dengan tepat waktu dan efisien, serta barang atau dokumen diterima sesuai dengan yang telah ditentukan.
4

II.2 SPESIFIKASI
Latar belakang pendidikan dan pengalaman
:
1.
Minimum pendidikan S-1


2.
Pemahaman mengenai pemasaran dan penjualan


3.
Pengetahuan mengenai produk perusahaan


4.
Kemampuan negosiasi


5.
Kemampuan presentasi dan komunikasi


6.
5 – 7 tahun pengalaman yang bervariasi dalam bidang pemasaran dan penjualan




Kompetensi
:
1.
Kepemimpinan.


2.
Results oriented


3.
Dapat bekerjasama


4.
Integritas


5.
Membina hubungan


6.
Pendekatan interpersonal

II.3 REKRUTMEN DAN SELEKSI

II.3.1 Melakukan Persiapan Dan Seleksi Tenaga Kerja / Preparation And Selection

1. Persiapan
Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan/ forecast akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, waktu dan sebagainya. Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenaga kerjaan kondisi pasar tenaga kerja dan sebagainya.

2. Rekrutmen tenaga kerja / Recruitment
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperluka analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan / job description dan juga spesifikasi pekerjaan / job specification.



II.3.2 Metode Rekrutmen

1.    Eksternal
a.    Pengisian formulir
b.    Wawancara Pekerjaan
c.    Tes kemampuan, bakat, keterampilan, dan pengalaman
d.    Inventaris minat
e.    Tes Kepribadian
f.     Pemeriksaan fisik
g.    Keputusan Perekrutan

2.    Internal
a.    Promosi
b.    Inventarisasi Keahlian
c.    Rekomendasi Karyawan


DOWNLOAD :


http://sofyanida.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

http://sofyanida.blogspot.com

 
Toggle Footer