3
|
BAB II
PEMBAHASAN
II.1 DESKRIPSI
Nama Jabatan
|
:
|
Marketing Manager
|
Departemen
|
:
|
Sales & Marketing
|
Atasan langsung
|
:
|
Sales & Marketing Director
|
Bawahan langsung
|
:
|
Supervisor(s)
|
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan.
II.1.1 Tugas Manajer
Pemasaran
1.
Manajer
pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran.
2.
Manajer
pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan
dana promosi.
3.
Manajer
pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan.
4.
Manajer
pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian
pemasaran.
5.
Manajer
pemasaran membuat laporan pemasaran kepada direksi
1.
Bertanggung jawab terhadap strategi pemasaran yang telah disusun
2. Bertanggung
jawab atas efisiensi dan efektivitas kerja di Departemen Marketing.
3. Bertanggung
jawab dalam membina hubungan baik dengan konsumen.
4. Bertanggung
jawab atas pelaksanaan tugas-tugasnya kepada Direktur Operasional.
5. Bertanggung
jawab atas konsistensi pelaksanaan prosedur yang berlaku di Bagian Marketing
dan melakukan analisa atas efisiensi prosedur tersebut.
6. Bertanggung
jawab atas kedisiplinan kerja bawahan sesuai dengan ketentuan perusahaan yang
berlaku.
II.1.3
Wewenang
Merencanakan dan
mengkoordinasikan pengiriman barang atau dokumen dari pemasok dan atau gudang,
termasuk menentukan ekspedisi dan rute, untuk memastikan pengiriman dilakukan
dengan tepat waktu dan efisien, serta barang atau dokumen diterima sesuai
dengan yang telah ditentukan.
4
|
II.2 SPESIFIKASI
Latar belakang pendidikan dan pengalaman
|
:
|
1.
|
Minimum pendidikan S-1
|
|
|
2.
|
Pemahaman mengenai pemasaran dan penjualan
|
|
|
3.
|
Pengetahuan mengenai produk perusahaan
|
|
|
4.
|
Kemampuan negosiasi
|
|
|
5.
|
Kemampuan presentasi dan komunikasi
|
|
|
6.
|
5 – 7 tahun pengalaman yang bervariasi dalam bidang
pemasaran dan penjualan
|
|
|
|
|
Kompetensi
|
:
|
1.
|
Kepemimpinan.
|
|
|
2.
|
Results oriented
|
|
|
3.
|
Dapat bekerjasama
|
|
|
4.
|
Integritas
|
|
|
5.
|
Membina hubungan
|
|
|
6.
|
Pendekatan interpersonal
|
II.3 REKRUTMEN DAN SELEKSI
II.3.1 Melakukan
Persiapan Dan Seleksi Tenaga Kerja / Preparation And Selection
1. Persiapan
Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan
sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul.
Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan/ forecast akan pekerjaan
yang lowong, jumlahnya, waktu dan sebagainya. Ada dua faktor yang perlu
diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah
kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan
lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenaga kerjaan kondisi pasar tenaga
kerja dan sebagainya.
2. Rekrutmen tenaga kerja / Recruitment
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau
kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk
memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperluka
analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan / job description
dan juga spesifikasi pekerjaan / job specification.
II.3.2 Metode Rekrutmen
1. Eksternal
a. Pengisian formulir
b. Wawancara Pekerjaan
c. Tes kemampuan, bakat, keterampilan, dan pengalaman
d. Inventaris minat
e. Tes Kepribadian
f. Pemeriksaan fisik
g. Keputusan Perekrutan
2. Internal
a.
Promosi
b.
Inventarisasi Keahlian
c.
Rekomendasi Karyawan
DOWNLOAD :
0 komentar:
Post a Comment
http://sofyanida.blogspot.com