Jurnal 1

Judul
Gaya Kepemimpinan Perempuan
Pengarang
Nina Zulida Situmorang
Tujuan
Difokuskan pada gaya kepemimpinan perempuan yang bertujuan menemukan model gaya kepemimpinan yang khas perempuan.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kajian teoritik berdasar literature bersumber jurnal-jurnal penelitian, buku dan makalah lainnya. Berdasarkan penelusuran dengan tema gaya kepemimpinan diambil satu teori yang dapat dipakai untuk penelitian berikutnya untuk membuktikan teori tersebut.
Tempat Pelaksanaan
(Psikologi, ekonomi, sastra, arsitektur dan sipil) Universitas Gunadarma.
Waktu Pelaksanaan
Depok 18-19 Oktober 2011
Sample atau Populasi
9484 pria dan 9467 perempuan
Kesimpulan
Hasil Penelitian-penelitian, umumnya menunjukkan tidak banyak perbedaan dalam hal organisasi. Namun jika dihubungkan dengan gaya kepemimpinan terlihat adanya gaya tertentu khas perempuan, tapi bukan karena perbedaan jenis kelamin, namun lebih pada faktor karakteristik/ tuntunan pekerjaan. Karakteristik atau tuntutan pekerjaan dapat mempengaruhi gaya kepemimpinan feminism-maskulin, feminism-transakksional, maskulin-transformasional dan transaksional-transformasional.
Komentar
Meneliti jurnal-jurnal, buku dan makalah dengan melakukan penelitian lebih banyak sample yaitu 9484 pria dan 9467 perempuan. informasi yang didapat merupakan informasi fakta dari orang yang merasakannya  ,Hal ini lebih efektif atau lebih detail dalam penelitian gaya kepemimpinan.  
Saran
Sample yang digunakan banyak dan waktu yang singkat, sehingga dalam penelitian lebih berhati-hati tentang gaya kepemimpinan karena salah sedikit dapat mempengaruhi hasil penelitian .
Link



Jurnal 2

Judul
Hubungan antara Stress Kerja dan Gaya Kepemimpinan Transaksional dengan Kinerja Karyawan PT XL Axiata Tbk IT (information technologi)
Pengarang
Ahmad Fachri
Tujuan
Tujuan penelitian ini diharapkan member masukan agar bermanfaat bagi perkembangan ilmu psikoloogi industri dan organnisasi serta dapat diigunakan sebagai pedoman didalam penelitian lebih lanjut untuk mengkaji variabel-variabel lain yang berhubungan dengan stress kerja dan gaya kepemimpinan transaksional dengan kinerja.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan berupa skala kerja, skala gaya kepemimpinan transaksional, dan skala kinerja dengan model skala Likert.
Tempat Pelaksanaan
Fakultas Psikologi
Waktu Pelaksanaan
November 2010
Sample atau Populasi
50 orang
Kesimpulan
Pengaruh untuk masing-masing aspek dari variable gaya kepemimpinan transaksional yang memberikan pengaruh mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar, dari hasil tersebut, perusahaan mencoba menerapkan aspek-aspek yang sesuai dengan hasil penelitian yang memberikan pengaruh positif signifikan agar dapat meningkatkan kinerja karyawan
Komentar
Dengan penelitian ini, karyawan lebih memaksimalkan lagi kemampuan yang dimilikinya, agar perusahaan pun tidak sia-sia dalam mengeluarkan reward yang telah diberikan kepada karyawannya.
Saran
Pada penelitian ini selanjutnya dapat meneliti gaya kepemimpinan transaksional dan kinerja karyawan dengan variable lain yang memiliki hubungan signifikan, karena dalam penelitian ini hanya gaya kepemimpinan transaksional yang memiliki hubungan signifikan terutama dari aspek imbalan kontingen.
Link


                       


Jurnal 3

Judul
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP STRES KERJA PADA PEGAWAI BAGIAN SEKRETARIAT DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI DKI JAKARTA  
Pengarang
Ratih Fajar Riany
Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja pada pegawai Sekretariat Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode penelitian kuantitaif adalah metode berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, dan analisis data bersifat kuantitatif atau statistik yang bertujuan menguji hipotesis yang sudah ditetapkan.
Tempat Pelaksanaan
Provinsi DKI Jakarta 
Waktu Pelaksanaan
2014
Sample atau Populasi
51 dari 60
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa gaya kepemimpinan transaksional dan gaya kepemimpinan transformasional tidak memengaruhi secara signifikan terhadap stres kerja pada pegawai di Sekretariat Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, dimana hasil signifikasi antara gaya kepemimpinan transaksional terhadap stres kerja sebesar 0,459 dan hasil signifikansi antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja sebesar 0,202. Untuk hasil perhitungan stres kerja pada penelitian ini, diketahui bahwa skor yang didapatkan berada pada kategori tinggi dengan presentase 35,3%. Dapat disimpulkan dari hasil uraian ini bahwa hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak, yang
berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan transaksional dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja
Komentar
Menurut saya teknik ini memberikan informasi yang valid, karena merespon 51 dari 60. Ini dirancang untuk kebenaran yang pasti dari data-data yang didapatkan.
Saran
Penelitian ini melibatkan responden yang cukup sedikit, hanya 51 dari 60 responden yang diharapkan. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar memperluas populasi responden agar Lebih bermanfaat bagi pegawai lainnnya.
Link

http://sofyanida.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

http://sofyanida.blogspot.com

 
Toggle Footer